Kompetensi lulusan yang diharapkan setelah lulus dari prodi pendidikan agama Islam, yaitu:
- Tujuan program studi pendidikan agama Islam di antaraya menghasilkan sarjana muslim dalam bidang pendidikan Islam;
- Kompetensi utama lulusan yang diharapkan, di antaranya:
- Memiliki pengetahuan tentang agama Islam secara komprehensif. Sub kompetensi yang ingin dicapai di antaranya:
- Memahami dan mendeskripsikan ajaran Islam yaitu: aqidah, syariah, akhlak/ tasawuf;
- Mendeskripsikan dan menganalisis aliran/mazhab dalam fiqh Islam;
- Mendeskripsikan dan menganalisis sejarah peradaban Islam;
- Mengaktualisasi-kan ajaran Islam dalam kehidupan masa kini.
- Memiliki pengetahuan tentang konsep pendidikan Islam. Sub kompetensi yang ingin dicapai di antaranya:
- Mendeskripsikan dan menganalisis tentang konsep pendidikan Islam;
- Mendeskripsikan dan menganalisis prinsip-prinsip pendidikan Islam;
- Mendeskripsikan dan menganalisis pendekatan dan metode pendidikan Islam;
- Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan lembaga pendidikan Islam, baik pendidikan agama maupun umum.
- Mengetahui pengertahuan tentang teori-teori dan pendidikan agama Islam. Sub kompetensi yang ingin dicapai di antaranya:
- Mendeskripsikan dan menganalisis teori-teori pendidikan agama Islam;
- Mendeskripsikan dan menganalisis pendekatan dalam pendidikan Islam;
- Mendeskripsikan dan menganalisis metode dalam pendidikan agama Islam.
- Terampil menerapkan teori-teori dan metodologi pendidikan agama Islam dalam lembaga pendidikan. Sub kompetensi yang ingin dicapai di antaranya:
- Terampil mengaplikasikan pendidikan Islam secara efektif;
- Terampil dalam mengaplikasikan pendidi-kan agama Islam di sekolah;
- Terampil dalam melakukan penelitian dalam bidang.
- Memiliki komitmen keberagamaan dan keilmuan di bidang pendidikan agama Islam. Sub kompetensi yang ingin dicapai di antaranya:
- 1) Berkepribadian sebagai sarjana muslim/guru agama yang komunikatif;
- 2) Memiliki sikap terbuka, professional dan gairah dalam pengembangan keilmuan dalam pendidikan agama Islam.