
Kompetensi lulusan yang diharapkan dari program studi pendidikan guru madrasah ibtidayah (PGMI), yaitu:
- Tujuan prodi PGMI di antaraya menghasilkan sarjana muslim dalam bidang pendidikan ibtidaiyah/dasar.
- Kompetensi utama lulusan yang diharapkan dari prodi PGMI, di antaranya:
- Memiliki pengetahuan tentang guru tingjkat ibtidaiyah secara komprehensif. Sub kompetensi yang ingin dicapai di antaranya:
- Memahami dan mendeskripsikan ajaran Islam yaitu: aqidah, syari’ah, akhlak/ tasawuf;
- Mendeskripsikan dan menganalisis aliran/ mazhab dalam fiqh Islam;
- Mendeskripsikan dan menganalisis sejarah peradaban Islam;
- Mengaktualisasikan ajaran Islam dalam kehidupan masa kini.
- Memiliki pengetahuan tentang konsep hukum keluarga Islam. Sub kompetensi yang ingin dicapai di antaranya:
- Mendeskripsikan dan menganalisis tentang konsep pendidikan guru pada madrasah ibtidaiyah;
- Mendeskripsikan dan menganalisis prinsip-prinsip pendidikan guru pada madrasah ibtidaiyah;;
- Mendeskripsikan dan menganalisis pendekatan dan metode yang diterapkan guru pada tingkat madrasah ibtidaiyah;
- Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan lembaga yang mengurus pendidikan guru pada tingkat madrasah ibtidayah serta lembaga lainnya yang ada kaitannya dengan prodi.
- Mengetahui pengetahuan tentang teori-teori dan tentang pendidikan guru pada tingkat madrasah ibtidaiyah. Sub kompetensi yang ingin dicapai di antaranya:
- Mendeskripsikan dan menganalisis teori-teori tentang pendidikan guru pada tingkat madrasah ibtidayah;
- Mendeskripsikan dan menganalisis pendekatan dan metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru pada tingkat madrasah ibtidayah;
- Mendeskripsikan dan menganalisis tentang prinsip-prinsip pendidikan guru pada tingkat madrasah ibtidaiyah.
- Terampil menerapkan teori-teori dan metodologi pendidikan keguruan di tingkat madrasah. Sub kompetensi yang ingin dicapai, yaitu: terampil mengaplikasikan teori-teori dan metodologi pendiidkan keguruan pada tingkat madrasah ibtidaiyah secara efektif di lapangan.
- Terampil dalam menerapkan teori-teori dan metodologi pendidikan guru pada madrasah ibtidaiyah. Sub kompetensi yang ingin dicapai di antaranya:
- Memiliki komitmen keberagamaan dan keilmuan di bidang pendidikan keguruan di tingkat madrasah ibtidaiyah;
Memiliki sikap terbuka, professional dan gairah dalam pengembangan keilmuan pendidikan keguruan di tingkat madrasah ibtidaiyah.