Kompetensi Lulusan PGMI

Kompetensi lulusan yang diharapkan dari program studi pendidikan guru madrasah ibtidayah (PGMI), yaitu:

  1. Tujuan prodi PGMI di antaraya menghasilkan sarjana muslim dalam bidang pendidikan ibtidaiyah/dasar.
  2. Kompetensi utama lulusan yang diharapkan dari prodi PGMI, di antaranya:
  • Memiliki pengetahuan tentang guru tingjkat ibtidaiyah secara komprehensif. Sub kompetensi yang ingin dicapai di antaranya:
  1. Memahami dan mendeskripsikan ajaran Islam yaitu: aqidah, syari’ah, akhlak/ tasawuf;
  2. Mendeskripsikan dan menganalisis aliran/ mazhab dalam fiqh Islam;
  3. Mendeskripsikan dan menganalisis sejarah peradaban Islam;
  4. Mengaktualisasikan ajaran Islam dalam kehidupan masa kini.
  • Memiliki pengetahuan tentang konsep hukum keluarga Islam. Sub kompetensi yang ingin dicapai di antaranya:
  1. Mendeskripsikan dan menganalisis tentang konsep pendidikan guru pada madrasah ibtidaiyah;
  2. Mendeskripsikan dan menganalisis prinsip-prinsip pendidikan guru pada madrasah ibtidaiyah;;
  3. Mendeskripsikan dan menganalisis pendekatan dan metode yang diterapkan guru pada tingkat madrasah ibtidaiyah;
  4. Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan lembaga yang mengurus pendidikan guru pada tingkat madrasah ibtidayah serta lembaga lainnya yang ada kaitannya dengan prodi.
  • Mengetahui pengetahuan tentang teori-teori dan tentang pendidikan guru pada tingkat madrasah ibtidaiyah. Sub kompetensi yang ingin dicapai di antaranya:
  1. Mendeskripsikan dan menganalisis teori-teori tentang pendidikan guru pada tingkat madrasah ibtidayah;
  2. Mendeskripsikan dan menganalisis pendekatan dan metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru pada tingkat madrasah ibtidayah;
  3. Mendeskripsikan dan menganalisis tentang prinsip-prinsip pendidikan guru pada tingkat madrasah ibtidaiyah.
  • Terampil menerapkan teori-teori dan metodologi pendidikan keguruan di tingkat madrasah. Sub kompetensi yang ingin dicapai, yaitu: terampil mengaplikasikan teori-teori dan metodologi pendiidkan keguruan pada tingkat madrasah ibtidaiyah secara efektif di lapangan.
  • Terampil dalam menerapkan teori-teori dan metodologi pendidikan guru pada madrasah ibtidaiyah. Sub kompetensi yang ingin dicapai di antaranya:
  1. Memiliki komitmen keberagamaan dan keilmuan di bidang pendidikan keguruan di tingkat madrasah ibtidaiyah;

Memiliki sikap terbuka, professional dan gairah dalam pengembangan keilmuan pendidikan keguruan di tingkat madrasah ibtidaiyah.